Menara Misterius di Negeri Phustun





Herat – Minaret of Jam di Provinsi Ghur, Afghanistan, terbengkalai hingga pertengahan abad ke-20. Entah kenapa, menara cantik berkaligrafi Al Quran ini menjulang tinggi di tengah area tandus, ratusan kilometer jauhnya dari kota terdekat.

Afghanistan tak hanya dikenal sebagai ‘negeri perang’ atau ‘negeri Phustun’ saja. Di Shahrak District, Provinsi Ghur, terdapat sebuah menara cantik dari bata merah dan potongan mozaik biru. Menara ini sungguh terpencil, 215 Km jauhnya dari kota terdekat yakni Herat. Menjulang sendirian di tengah lembah berpagar pegunungan, persis di dekat Sungai Hari.

Inilah Minaret of Jam, yang telah didaulat UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Traveler yang ingin mengunjungi bangunan bersejarah ini harus melakukan perjalanan darat berjam-jam lewat jalan yang rusak. Tapi saat tiba di tujuan, perjuangan itu agaknya sepadan.

Minaret of Jam menjulang setinggi 65 meter, dengan diameter rata-rata 9 meter. Dari situs resmi UNESCO yang dikutip detikTravel, Senin (27/5/2013), di bagian atas menara terdapat mozaik biru bertuliskan kaligrafi Qur’an.

Menara ini diperkirakan dibuat tahun 1194 oleh Sultan Ghurid, Ghiyas-od-din. Tempat ini disinyalir merupakan peninggalan kota kuno Firuzkoh, ibukota Dinasti Ghorid yang dulu diinvasi bangsa Mongol. Di sekeliling Minaret of Jam juga terdapat beberapa batu dengan pahatan naskah Ibrani peninggalan abad ke-11 dan 12.

Berkunjung ke Minaret of Jam belum lengkap tanpa naik ke atas menaranya. Butuh perjuangan memang, tangganya curam dan sangat gelap. Jangan lupa bawa senter sebagai bantuan penerangan. Saat tiba di atasnya, panorama sepanjang mata memandang luar biasa indah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s